TP4D Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Awasi Proyek Perbaikan Jalan di Kelapa Gading

 

IMG 3381

 

Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara meninjau dua proyek pembangunan jalan yang tengah dikerjakan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara. Peninjauan ini lantaran adanya pengaduan masyarakat yang menuding pembangunan bekerja tidak sesuai spek. Ketua TP4D Kejari Jakarta Utara Toto Roedianto mengatakan, peninjauan proyek ini dilakukan dalam rangka merespons pengaduan masyarakat Kelapa Gading. Sebab, sebelumnya terdapat tudingan terkait pengerjaan yang dilakukan kontraktor tidak sesuai dengan ketentuan spek.

IMG 3334

TP4D Kejari Jakarta Utara yang diketuai, Kepala Seksi Inteljen Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Toto Roedianto didampingi beberapa anggotanya tiba dilokasi jalan lingkungan atau jaling dan peningkatan jalan di Kecamatan Kelapa Gading. "Di sini kami bertugas melakukan pengawasan terhadap dua proyek, yakni jalan lingkungan atau jaling dan peningkatan jalan di Kecamatan Kelapa Gading," kata Toto, saat ditemui meninjau proyek jalan di Jalan Putih Salju, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (31/8/2017).

IMG 3307

“Permintaan itu datangnya dari Sudin Bina Marga Jakarta Utara. Atas dasar itulah kami, selaku TP4D berkomitmen untuk memberikan pendampingan, pengawalan, pengawasan terhadap semua proyek yang dikerjakan Bina Marga,”ujarnya. Namun demikian, sambungnya, pihaknya menegaskan tidak akan segan-segan akan mengambil langkah hukum, jika ada kejanggalan dalam proyek tersebut.

IMG 3310

Dalam peninjauan kali ini, Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara, Yunaldi, yang ketika itu turut meninjau, menerangkan adanya TP4D Kejari Jakarta Utara membuat dua proyek itu berjalan baik dan nampak adanya peningkatan signifikan. "Jadi, ada dua proyek yang saat ini pihak TP4D Kejari tinjau bersama Sudin Bina Marga, antara lain, di paket anggaran proyek jalan lingkungan atau jaling dan peningkatan jalan diKecamatan Kelapa Gading. Kami meminta, TP4D agar bisa mengawal dan megawasi, jalannya dua proyek ini. Bersyukur, bisa berjalan signifikan," ungkap Yunaldi, Kamis (31/8/2017), siang ketika tinjau Jalan Putih Salju, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Kamis (31/8/2017).

"Untuk proyek jaling anggarannya itu mencapai Rp 5,2 Milyar. Proyek ini ada 21 titik ruas jalan, baik dikerjakan di Jalan Gitar Pegangsaan Dua dan di Jalan Golek, Jalan Harmonika, dan lain-lain. Selain itu untuk proyek peningkatan jalan anggarannya itu mencapai Rp 19 Milyar. Pada proyek ini sebanyak 42 titik ruas jalan yang kini tengah dikerjakan. Baik di Jalan Tor-tor, Jalan Biru Laut Timur dan Biru Laut Tengah, di Jalan Putih Salju, dan lain-lain.

IMG 3400

Pasca peninjauan, dipastikannya, tudingan tersebut tak terbukti. Hal itu dibuktikan pengerjaan sudah sesuai dilakukan sebagaimana tertuang dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB). Bahkan pada beberapa titik pengerjaan, ketebalan jalan melebihi RAB tersebut. "Kami pastikan setelah peninjauan bersama, pengerjaannya sudah sesuai RAB. Tak ada sedikitpun melenceng dari RAB," tegas Toto.